Friday, November 25, 2011

Tugas dongeng


Dongeng Tiga Babi Kecil

Pada suatu hari, ada tiga ekor babi kecil dan telah tiba waktu mereka untuk meninggalkan rumah dan mencari keberuntungan. Sebelum mereka pergi, ibu mereka berpesan ” apapun yang kalian lakukan, lakukanlah yang teraik yang kalian bisa karena itu adalah jalan tebaik di dunia.
Babi kecil pertama membangun rumahnya dari jerami karena jerami mudah di dapat.
Babi kedua membangun rumahnya dari kayu. Dia berfikir ini lebih kuat daripada rumah jerami.
Babi kecil ketiga membangun rumahnya dari batu bata.
Suatu malam ada seekor serigala, hewan yang sangat suka memakan babi- babi kecil gemuk,dia datang dan mencium bau babi kecil pertama di dalam rumah jeraminya. Serigala berkata” izinkan aku masuk, izinkan aku masuk, babi kecil. Jika tidak aku akan mengeram dan menghembus dan meniup rumahmu!”. “Tidak, jangan dekati aku!” kata babi kecil. Tapi tentu saja serigala meniup rumah itu hingga rubuh dan memakan babi kecil pertama.
Kemudian serigala menuju rumah yang tebuat dari kayu.” Izinkan aku masuk, izinkan aku masuk babi kecil atau aku akan mengeram dan menghembus dan meniup rumahmu ini”. “Tidak, jangan dekati aku!” sahut babi kecil ketakutan. Tetapi serigala meniup rumah ini juga dan memakan babi kecil kedua.
Kemdian serigala langsung menuju rumah yang terbuat dari batu bata.
“ Izinkan aku masuk, izinkan aku masuk!” teriak serigala. “Atau aku akan mengeram dan menghembus dan meniup rumahmu”. “ jangan ganggu aku!” sahut babi kecil.
Tentu, sang serigala mengeram dan menghembus dan meniup namun dia tidak bisa menumbangkan rumah tersebut. Tetapi serigala diam- diam memanjat untuk mencari jalan masuk ke rumah tersebut. Babi kecil melihat serigala memanjat atap dan mungkin dia akan menemukan jalan masuk lewat cerobong asap. Babi kecil menyiapkan kendi besar berisi air mendidih di atas perapian.
Ketika serigala akhirnya menemukan lubang masuk, dia merangkak turun dan BYUURR!! Jatuh kedalam kendi berisi air mendidih dan inilah akhir dari serigala jahat.
Hari selanjutnya babi kecil meminta ibunya berkunjung. Dan ibunya berkata “ kamu mendengarkan kata – kata ibu. Jalan yang terbaik didunia adalah lakukan seperti yang kamu bisa”.
Keberuntungan untuk babi kecil, dia mendapatkan pelajaran berharga dan dia hidup bahagia setelahnya.
http://3hartiny.blogspot.com/2009/11/dongeng-tiga-babi-kecil.html


hal yang merupakan alamiah dasar yaitu :
dongeng ini menceritakan tentang 3 babi , rumahnya dan juga srigala. nama seperti yang kita ketahui bahwa babi tidak bisa bicara dan berfikir layaknya manusia dan babi juga tidak dapat membuat rumah seperti dalam cerita. srigala pula tidak dapat meniup hingga meruntuhkan rumah rumah tersebut karna srigala hayalah hewan biasa.

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.